Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Wisata Tapak Tuan Terbaik di Aceh Selatan

Wisata Tapak Tuan

Tempat wisata Tapak Tuan sangat beragam dan memiliki pesona keindahan alam yang begitu menakjubkan. Sebagian besar tempat wisata ini sedang populer bagi masyarakat lokal maupun luar. Namun sayang tempat wisata masih belum terkespos ke publik internasional. 

Tapaktuan sendiri merupakan kecamatan yang berada pada pusat kota Aceh Selatan. Kota ini juga terkenal dengan sebutan Kota Naga, akibat legenda yang tersebar pada kalangan masayarakat. Kata Tapaktuan berasal dari kisah rakyat atau legenda dari Tuan Tapa.

Yang mana menceritakan seorang petapa menyelamatkan putri cantik dari seekor naga. Adapun peninggalan Tuan Tapa paling terkenal ialah jejak kaki berukuran besar yang terdapat pada bibir pantai dekat dengan kota Tapaktuan.

Adapun kumpulan tempat wisata Tapak Tuan yang paling populer bagi masyarakat lokal maupun luar ialah:

Objek Wisata Puncak Grapella

Puncak grapella berada di Kampung Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan. Beberapa tahun belakangan puncak grapella menjadi tempat wisata primadona bagi anak muda. Karena lokasi tempat wisata yang tidak jauh dari kota naga, akses jalan baik, dan tersaji pesona wisata yang bagus. Sehingga lokasi ini, banyak digemari oleh kaula muda untuk selfie. 

Wisata Tapak Tuan Puncak Grapella

Wisata Tapak Tuan Puncak Grapella

Untuk menuju tempat wisata puncak grapella memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota. Untuk menuju puncak wisatawan harus melewati jalan berbatu dan tanah liat. Sehingga sangat kami rekomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua atau motor.

Tempat wisata puncak grapella menyajikan keindahan alam dengan latar belakang berwarna hijau. Selain itu juga tersaji suasana perbukitan dan perkebunan serai  masyarakat sekitar. 

Suasana ini banyak anak muda atau kaum milenial mengabadikan dalam bentuk foto atau video. Kemudian membagikan pada platform media sosial atau medsos seperti facebook, instagram, youtube, pinterest, serta tik tok. Oleh karena itu, banyak wisatawan luar daerah yang berdatangan dan menikmati keindahan puncak grapella.

Objek Wisata Puncak Jambo Hatta

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Hatta, salah satu tokoh proklamator Indonesia. Selama menjabat sebagai wakil presiden pertama Indonesia, Bung Hatta pernah mengunjungi Aceh. Selama perjalanan Bung Hatta melewati Aceh Selatan dan mampir pada salah satu “jambo” atau pondok yang ada di perbukitan.

Wisata Tapak Tuan Jambo Hatta
Wisata Tapak Tuan Jambo Hatta

Pondok ini sekarang terkenal dengan nama Jambo Hatta. Dari lokasi ini pengunjung dapat menikmati keindahan hamparan laut yang berwarna biru. Selain itu wisatawan juga dapat memberi makan monyet liar. Tetapi wisatawan harus berhati-hati karena Jambo Hatta berada langsung pada tepi jurang. 

Tidak ada tarif masuk untuk menikmati wisata yang penuh sejarah ini. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sambil makan yang berada langsung dalam rumah atau Jambo Hatta.

Lokasi dan fasilitas wisata jambo hatta semakin ramah bagi wisatawan. Lokasi yang berada langsung pada jalan raya lalu lintas Medan ke Banda Aceh. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai lokasi peristirahatan sejenak.

Objek Wisata Puncak Gemilang

Tempat wisata puncak gemilang berada sangat dekat lokasi pusat kota Tapaktuan. Dari puncak gemilang pengunjung dapat menikmati hamparan lautan yang sangat menakjubkan. Selain itu juga terlihat kota Tapaktuan, yang berada dibawah kaki perbukitan.

Wisata Tapak Tuan Puncak Gemilang
Wisata Tapak Tuan Puncak Gemilang

Nama puncak gemilang terdapat dari sebuah kursi panjang yang tertulis puncak gemilang menggunakan cat warna kuning. 

Biasanya lokasi ini banyak pengunjung datang ketika sore hari menjelang malam. Aktivitas yang dapat pengunjung nikmati ialah berfoto denga background laut, atau foto langsung dari kursi puncak gemilang. Selain itu pengunjung dapat juga berolahraga seperti jalan santai maupun jogging.

Objek Wisata Gunung Lampu 

Tempat wisata gunung lampu tidak jauh dari pusat kota Tapaktuan. Beberapa tahun belakangan ini pemerintah daerah Aceh Selatan sangat memacu terus pada sektor perkembangan wisata alam.

Salah satu bentuk hasilnya ialah wisata gunung lampu. Sekitar 4 tahun yang tim halolibur pernah mengunjungi tempat wisata ini, namun pada saat itu masing sangat semak dan banyak terdapat monyet liar. Tetapi sekarang wisata gunung lampu sangat nyaman dan ramah bagi wisatawan.

Akses jalan menuju lokasi berupa bebatuan kerikil. Sebelum mencapai tempat tujuan, pengunjung harus mendaki jalan setapak melalui anak tangga. Perjalanan ini sangat menguras tenaga, bila pengunjung atau wisatawan jarang olahraga.

Objek Wisata Tapak Tuan Tapa

Lokasi wisata tapak tuan tapa yang berbentuk raksasa ini sangat berdekatakan dengan wisata gunung lampu. Sebelum menuju puncak gunung lampu pengunjung terlebih dahulu sampai pada objek wisata tapak raksasa tuan tapa.

Wisata Tapak Tuan Tapa
Wisata Tapak Tuan Tapa

Cerita rakyat menyatakan bahwa tapak raksasa ini milik dari petapa alim yang bernama syeikh tua tapa. Masyarakat meyakini bahwa petapa ini memiliki tubuh yang besar. 

Selain wisata tapak tuan tapa yang berada pada bibir pantai kota Tapaktuan. Pengunjung juga dapat melihat batu yang berbentuk seperti topi dan tongkat tuan tapa (tongkat tapak tuan). Namun kedua batu ini hanya dapat terlihat ketika air laut surut. Sangat jarang pengunjung melihatnya, namun beberapa warga setempat meyakini adanya topi dan tongkat tuan tapa.

Objek Wisata Pemandian Panjupian

Tempat pemandian panjupian ini masyarakat sekitar meyakini bahwa sebagai tempat mandi seorang putri cantik yang naga culik. Kisah ini juga berhubungan dengan legenda Tuan Tapa dan Naga yang sudah jadi cerita turun temuran bagi masyarakat Aceh Selatan.

Wisata Tapak Tuan Pemandian Panjupian
Wisata Tapak Tuan Pemandian Panjupian

Namun pemandian panjupian sekarang telah menjadi objek wisata air bagi masyarakat lokal dan luar daerah. Air pemandian panjupian berasal langsung pegunungan setempat. Sehingga kualitas air sangat dingin jika mandi pada pagi hari. 

Pengunjung pemandian panjupian biasanya rombongan keluarga yang menghabiskan waktu libur. Selain itu pada hari-hari tertentu seperti hari raya dan tolak bala, banyak pengunjung yang menghabiskan waktu pada tempat wisata ini.

Adapun letak wisata pemandian panjupian ialah berada di desa Panjupian. Jarak dari kota Tapaktuan sekitar 30 menit perjalanan. Objek wisata ini juga memiliki fasilitas lengkap seperti toilet umum, lahan parkir motor atau mobil, warung makan, dan wahana permainan air.

Objek Wisata Batu Putri Batupang

Aceh Selatan memang memiliki beragam objek wisata yang menarik dan penuh legenda. Salah satunya objek wisata yang berada dekat pesisir pantai desa Peulumat, Labuhan Haji, Aceh Selatan. 

Bentuk wisata batu putri batupang menggambarkan bak seorang putri yang sedang duduk bertupang dagu dengan menghadap ke arah bagian laut. 

Berdasarkan legenda batu putri batupang ini berada diatas kepala seekor penyu. Legenda batu ini menceritakan kisah cinta seorang pemuda bernama Bujang Delima dari Simeulue, dengan gadis setempat bernama Putri Melur. Alkisah mereka saling jatuh cinta dan ingin menikah. 

Namun karena mereka terpisah oleh kedua pulau, pemuda simeulue tersebut berkeinginan menyatukan kedua pulau tersebut. Tetapi tali ijuk yang Budjang Delima gunakan putus tengah jalan, sehingga gagal menyatukan kedua pulau itu. Putri Melur yang sedih selalu menunggu dan merenung pemuda Simeulue tersebut.

Karena Budjang Delima tak kunjung ada sinyal kembali, Putri Melur bersiap meninggalkan desa menjumpai kekasihnya Budjang Delima. Putri Melur menggunakan penyu raksasa untuk melintasi menuju Simeulue. Tetapi niat Putri Melur ketahuan oleh ibunya. Sehingga ibu Putri Melur bersumpah jika putrinya meninggal desa, maka lebih baik dia menjadi batu.

Dan terjadilah Putri Melur yang berubah menjadi batu. Karena cerita dan bentuk batu yang unik inilah objek wisata batu putri batupang menjadi menarik dan memikat hati wisatawan.

Objek Wisata Masjid Istiqamah Tapak Tuan

Bagi orang yang beragama islam, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Masjid Istiqamah Tapak Tuan. Masjid Istiqamah merupakan masjid terbesar yang Aceh Selatan miliki. Keberadaannya juga sangat dekat dengan pusat kota Tapktuan.

Wisata Tapak Tuan Masjid Istiqamah
Wisata Tapak Tuan Masjid Istiqamah

Bentuk Masjid Istiqamah sangat bagus dengan empat menara menjulang tinggi dan kubah utama yang berada pada tengah masjid. Dasar oranamen ini berpatokan dengan sentuan arabia. Pada malam hari masjid ini sangat terang oleh lampu yang menyinari.

Terdapat fasilitas yang sangat ramah bagi pengunjung, seperti tempat wudhu, tempat sholat, toilet, lahan parkir luas, dan pagar. Tidak salahnya bagi peminat wisata religi untuk berkunjung ke Masjid Istiqamah.

Objek Wisata Pantai Lhok Nibong

Hampir sebagian besar Aceh Selatan merupakan pesisir pantai. Jadi sangat banyak pantai-pantai yang cantik dan unik di kabupaten Aceh Selatan ini. Salah satunya Pantai Lhok Nibong yang berada pada desa Labuhan Tarok, Meukek, Aceh Selatan.

Wisata Tapak Tuan Pantai Lhok Nibong
Wisata Tapak Tuan Pantai Lhok Nibong

Pantai Lhok Nibong memilki keindahan alam dengan banyak tumbuh pohon kelapa pada samping pantai. Selain itu air laut juga berwarna biru bersih. Pada sore hari, wisatawan dapat menikmati suasana matahari terbenam. Pancaran cahaya matahari berwarna jingga sangat memanjakan mata pengunjung.

Selain itu juga terdapat pulau kecil yang bisa wasatawan kunjungi. Pantai ini sangat dekat dengan pusat kota Tapaktuan, jadi tidak salahnya berkunjung bila sedang melakukan trip wisata di Aceh Selatan.

Objek Wisata Pulau Dua Bakongan

Wisata pulau dua Bakongan memiliki hubungan kisah legenda naga yang kabur dari kejaran Tuan Tapa sehingga membelah pulau tersebut. Lokasi objek wisata pulau ini berada pada Bakongan, jarak dari kota Tapaktuan sekitar 1 jam perjalanan.

Wisata Tapak Tuan Pulau Dua Bakongan
Wisata Tapak Tuan Pulau Dua Bakongan

Sangat indah bila pulau ini terlihat dari kejauhan, terutama dari atas langit. Namun sayang sangat sedikit akses yang bisa pengunjung gunakan. Wisatawan hanya dapat menyewa boat atau kapal kecil dari nelayan penangkap ikan.

Adapun tujuan wisata yang dapat pengunjung nikmati ialah berenang, snorkeling, memancing maupun berkemah. Menghabiskan waktu selama beberapa hari menikmati pulau tersebut merupakan suatu pengalaman yang sangat menarik. Tetapi sebelum itu, pastikan kapal nelayan untuk menjemput kembali.

Tarif yang biasa nelayan patok untuk sekali perjalan berkisar antara 100-500 ribu pulang balik. Namun biaya ini akan semakin besar bila jumlah penumpang semakin sedikit.