Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Cot Goh Dua di Aceh, Panorama dan Keindahannya

Bukit Cot Goh Dua Aceh

Bukit Cot Goh Dua ialah salah satu objek wisata alam Aceh. Salah satu pesona keindahan tersaji dalam balutan suasana alami dan keindahan. Sedangkan pemandangan terpampang sepanjang perjalanan setapak menuju puncak bukit. Selama mendaki, kita dapat menikmati keheningan dan kicauan burung-burung.

Lokasi Cot Goh Dua berada di Aceh, Aceh Besar, Indrapuri, Lam Ilie Ganto. Adapun jarak perjalanan dari pusat kota Banda Aceh menuju titik awal mendaki ialah sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Banda Aceh berdasarkan google maps. Selanjutnya kita berjalan setapak menuju pucak bukit dengan waktu perjalanan sekitar 5-6 jam.

Bukit Cot Goh Dua menjadi primadona traveller lokal maupun luar kota. Menyuguhi spot indah, dari atas pendaki dapat melihat susunan kecil perumahan warga. Selain itu selama perjalanan kita juga sering bertemu dengan pekerja yang mencari kayu. Jalan traveller lalui sangat bagus, mobil kombet atau mobil bak pengangkut kayu aja bisa lewat.

Perjalanan dari Banda Aceh ke Cot Goh Dua

Dari kota Banda Aceh sampai titik awal mendaki traveller dapat menggunakan jasa sewa kendaraan (mobil, motor) atau menggunakan kendaraan pribadi. Selanjutnya parkir dengan cara sembunyikan kendaraan dalam semak. Namun traveller juga bisa parkir depan rumah warga, tetapi jarak dari titik awal mendaki dari rumah warga sangat jauh.

Berdasarkan pengalaman tim halolibur, jarak antara titik awal mendaki bukit Cot Goh Dua dengan jalan lalu lintas sekitar 1-2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Jika ingin parkir yang aman, traveller harus menyewa kendaraan warga untuk menuju titik awal mendaki. Pastikan juga bahwa traveller berjanji dengan warga tersebut untuk menjemput kembali ketika pulang.

Selanjutnya mulai berjalan kaki melewati jalan setapak sampai puncak. Jalan yang pendaki lewati sangat curam dan naik turun. Hampir setengah jalan menuju puncak, traveler melewati jalan dengan bagian kiri kanannya merupakan jurang. Walaupun begitu melewati jalan tersebut sangat aman bila traveller dalam keadaan sehat dan fit.

Mendaki Bukit Cot Goh Dua oleh Halolibur.com
Hunting Foto Saat Mendaki ke Puncak Bukit Cot Goh Dua
Selain jurang bukit Cot Goh Dua menawarkan juga pemandangan indah dengan hamparan backgroud berwarna hijau. Sekeliling mata memandang hanya melihat perpaduan warna hijau, biru dan putih sesekali kuning berkilau. Warna hijau berasal dari pegunungan, sedangkan biru putih berasal dari langit dan awan. Sedangkan warna kuning berkilauan berasal dari tembusan cahaya matahari menyinari pepohonan. 

Tips Mendaki Bukit Cot Goh Dua

Terdapat beberapa tips mendaki bukit Cot Goh Dua. Selama perjalananan berlangsung traveller harus tahu kapan istirahat dan melanjutkan berjalan. Sesama pendaki harus bekerja sama dalam membawa perbekalan. Jangan habiskan minum selama perjalanan, karena sulit menemukan air bersih. Wajib memperhitungkan perbekalan secara matang selum mulai mendaki.

Misalnya traveller ingin menghabiskan waktu semalaman di atas puncak bukit Cot Goh Dua, maka pikirkan kebutuhan minum selama perjalanan naik dan turun. Pengalaman mendaki, yang mana setiap pendaki menanggung kebutuhan minum pribadi. Tetapi membawa lebih minum 1 botol ukuran 1500 ml untuk keperluan memasak.

Proses perjalanan bukit Cot Goh Dua ini sangat melelahkan, manajemen air minum dengan baik sangat wajib traveller prioritaskan selain keamanan. Jangan sampai menghabiskan banyak minum saat naik namun kekurangan air minum saat turun, hal ini pernah terjadi pada pengalaman sendiri.

Selama perjalanan juga terdapat spot istirahat, untuk berhenti istirahat dan menikmati angin sepoi-sepoi. Sebagai saran saat mendaki waktu istirahat panjang hanya 1 satu kali selama 30 menit atau 1 jam, selain itu berhenti istirahat pendek ialah sekitar 1 sampai 2 menit.

Dengan menggunakan cara istirahat seperti saran tersebut, dapat memastikan pendaki tidak kehabisan energi saat berada di puncak bukit Cot Goh Dua. Jangan lupa selalu abadikan moment dan pemandangan indah tersebut untuk mengurangi rasa bosan selama mendaki.

List Perlengkapan Mendaki Bukit Cot Goh Dua

Bukan hal mudah melakukan hiking atau mendaki. Butuh latihan fisik dan pengetahuan terhadap membawa list perlengkapan mendaki sesuai kebutuhan. Banyak traveller atau pendaki salah dalam hal ini, akibat terlalu meremehkan kedua hal ini. Sehingga banyak dari mereka hanya menghabiskan energi sebelum sampai tujuan dan perbekalan kurang.

Perlengkapan Pribadi Mendaki

Wajib membawa beberapa perlengkapan pribadi mendaki yang seefisien mungkin. Hindari penggunaan barang tidak penting atau yang tidak traveller gunakan. Karena dapat menguras tenaga saat membawa barang tersebut. Perhatikan juga kebutuhan pribadi berdasarkan lama waktu mendaki.

Sebelum mendaki buat list perlengkapan mendaki untuk pribadi terlebih dahulu. Karena list ini berbeda-beda setiap pendaki. Maka sebelum memikirkan kebutuhan kelompok, wajib kebutuhan pribadi mendaki harus selesai dan lengkap.

Adapun kebutuhan pribadi mendaki secara umum ialah :

  • Pakaian utama
  • Alat komunikasi (hp, powerbank)
  • Tas gunung atau carrier
  • sepatu atau sendal gunung
  • 1 stel pakaian pengganti (kaos, training, pakaian dalam)
  • Atribut tambahan (topi atau kupluk, buff atau masker gunung, kaos kaki, sarung tangan, manset lengan)
  • Jaket khusus mendaki atau sejenisnya
  • Selimut atau sleeping bag
  • Alat MCK (sabun batang, odol, sikat gigi, sabun cuci muka)
  • Alat P3K praktis (obat pribadi, betadine, alkohol swab, kapas, gunting kecil, plaster, minyak kayu putih, balsem, koyo)
  • Jas hujau atau jas ponco
  • Alat makan pribadi (sendok, garpu, piring, gelas)
  • Cokelat batang dan makanan tambahan secukupnya
  • Air minum dalam perjalanan pergi dan pulang

Perlengkapan Kelompok Mendaki

Kebutuhan perlengkapan kelompok berdasarkan durasi mendaki dan jumlah anggota. Sebaiknya dalam kelompok minimal harus terdiri pemimpin, bendahara, dan navigator. Tugas bendahara selain mencatat kebutuh keuangan keluar dan masuk saat mendaki, juga merangkap mencatat list barang untuk kelompok.

Kumpulkan perlengkapan kelompok yang sudah tersedia dan atur membagikan pada semua pendaki dalam kelompok tersebut. Jadi setiap dalam tas pendaki memiliki kebutuhan pribadi dan kelompok, atau dapat juga membagikan barang-barang kelompok kepada semua pendaki. Hal ini bertujuan demi mengurangi beban tanggungan tidak terlalu berat.

Adapun kebutuhan perlengkapan kelompok mendaki ialah :

  • Tenda lengkap (tenda, pancak, matras, pelindung)
  • Alat masak (kompor portable, wajan kecil, gelas, plastik nasi, pemanggang, pisau, sendok, garpu, dll)
  • Korek dan gas portable
  • Beras sesuai kebutuhan
  • Mie sesuai kebutuhan
  • Kopi secukupnya
  • Bumbu masak secukupnya
  • Ayam atau ikan bersih 
  • Sosis sesuai kebutuhan
  • Snack atau makanan ringan
  • Hammock
  • Lampu dan senter
  • 1 biji parang
  • Kantong plastik untuk sampah
  • Kompas atau alat navigasi

Keindahan Panorama Bukit Cot Goh Dua

Traveller dapat menikmati keindahan panorama yang terdapat pada bukit Cot Goh Dua. Terdapat 2 bukit yang bisa untuk mendirikan tenda. Biasanya mendirikan tenda sebelum puncak berada. Karena pada puncak beresiko terhempas ke area curam akibat angin pada malam hari.

Suasana Malam Cot Goh Dua
Sausana Malam dari Puncak Bukit Cot Goh Dua

Pada puncak bukit cot goh dua traveller dapat melihat sejauh mata memandang adalah pemandangan indah. Selain itu dapat juga melihat sunrise atau terbit matahari pada pagi hari. Dan juga pendaki dapat melihat trek jalan menuju puncak dan prumahan warga yang sangat jauh.

Ketika malam hari tiba pendaki dapat menikmati butiran bintang-bintang kecil melalui puncak bukit Cot Goh Dua. Selain itu juga dapat melihat kelap kelip yang berasal dari lampu rumah warga. Demi melepaskan rasa capek saat mendaki biasanya pendaki akan santai terlebih dahulu di puncak sambil menikmati kopi sampai malam tiba.

Sekitar pukul 7 atau 8 malam baru membuat makan malam. Makanan yang pendaki buat sesuai bahan makanan yang tersedia. Kemudian menikmati makan di atas puncak dengan seruput kopi sambil menikmati suasana malam.

Bukit Cot Goh Dua
Suasana Pagi di Puncak Cot Goh Dua
Pada pagi hari pastikan jangan terlambat bangun karena dapat melihat sunrise dari atas puncak bukit Cot Goh Dua. Perlahan matahari mulai terbit serta menyinari permukaan bumi. Kehangatan yang dia timbulkan secara alami dan sehat. Selain itu juga banyak kicauan burung yang terdengar menemani pagi pendaki.

For Your Information

Bukit Cot Goh Dua salah satu tempat wisata yang sangat indah dan bagus. Tempat ini sangat jauh dari perkotaan. Selain itu juga tempat ini sangat sepi, jarang traveller mendaki ataupun camping. Namun tempat ini sangat cocok untuk camping atau belajar hiking dengan jumlah anggota lebih dari 5 orang.

Jangan takut guys sama binatang buas, selama ini belum ada yang mengalami kemalangan seperti serangan babi atau binatang buas lainnya. Pada pagi hari sering ada pekerja mencari kayu jadi aman katika mencari pertolongan.

Perjalanan mendaki sangat melelahkan, namun seimbang dengan keindahan alam yang ada. Camping dan suasana juga sangat asri. Jangan lupa untu mengabadikan momen selama selama mendaki terutama ketika berada di puncak bukit Cot Goh Dua.