Tips Mendaki Gunung Prau Untuk Pemula Via Patak Banteng

tips mendaki gunung prau untuk pemula
Tips mendaki gunung prau untuk pemula. Pendaki pemula sering bertanya, apakah gunung prau cocok untuk pemula ? gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian salah satunya via Patak Banteng, ketinggian 2.565 MDPL dengan tafsiran waktu mendaki dari basecamp sekitar 3 jam perjalanan santai.

Gunung Prau merupakan salah satu objek wisata yang berada di pegunungan dieng. Lokasi gunung prau terletak antara perbatasan dari 3 kabupaten yaitu Kendal, Batang dan Wonosobo. Dengan ketinggian 2.565 mdpl maka gunung prau termasuk dalam kategori medium. Bagi pendaki profesional tingkat kesulitan mendaki gunung ini tergolong mudah, maka banyak dari mereka menyarankan bahwa Gunung Prau cocok untuk pemula sebagai tempat belajar mendaki gunung.

Rute Perjalanan ke Basecamp Patak Banteng
Para pendaki atau sahabat halolibur tidak hanya berasal dari daerah ke tiga kabupaten perbatasan gunung prau. Melainkan banyak pendaki ingin menikmati panorama keindahan alam yang berasal dari luar kota, pulau, dan wisatawan mancanegara.

Adapun yang mesti kamu lakukan pertama kali ialah berada di lokasi sarana transportasi umum terdekat yaitu plasa wonosobo. Dari plasa wonosobo berjejer bus kecil yang akan menuju dieng dan juga melewati desa Patak Banteng. Setelah turun bus kamu dapat berjalan kaki untuk menuju basecamp patak banteng. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maka gunakan peta sebagai penunjuk arah silahkan klik Peta Lokasi Mendaki Gunung Prau untuk Pemula Via Patak Banteng.

peta basecamp gunung prau, patak banteng
Peta Basecamp Gunung Prau Via Patak Banteng
Basecamp Patak Bantang
Semua pendaki wajib melakukan registrasi dan pendataan pengunjung. Selain itu pengunjung dikenakan biaya masuk ± Rp. 10.000 sangat terjangkau bukan. Disini juga akan didata perlengkapan barang bawaan sampai barang terkecil seperti batang rokok. Pendataan dilakukan demi menjaga alam dari sampah ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Bagi pendaki yang jumlah barang bawaan seperti misalnya puting rokok kurang dari jumlah sebelum mendaki maka akan dikenakan denda.

Kebijakan ini diberlakukan untuk semua pendaki tanpa terkecuali baik pendaki senior maupun pemula. Langkah yang bijak demi menjaga alam yang indah ini.

Jalur Mendaki Gunung Prau untuk Pemula Via Patak Banteng
Jalur pendakian via Patak Banteng sangatlah mudah dan jarak tempuh sekitar 3 jam perjalanan kaki dengan santai. Jalur ini terbagi menjadi beberapa titik yaitu :

Basecamp Patak Banteng à POS 1 (sikut dewo) à POS 2 (Canggal Walangan) à POS 3 (Cacingan) à Plawangan à Camping Ground à Puncak Gunung Prau

Perjalanan dari basecamp menuju POS 1 menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Mendaki dimulai melewati rumah warga melalui anak tangga dan juga melewati perkebunan dan pertanian warga. Salah satu perekonomian utama warga ialah pertanian. Perjalanan menuju POS 1 disuguhi dengan hamparan pertanian dan tebing-tebing curam.

Selama jalur pendakian dari POS 1 sampai camping ground, pendaki melewati jalan setapak dan semakin menanjak dan terjal. Jalan setapak berupa tanah yang pada saat musim kemarau menghasilkan debu dan pada jika musim hujan dengan trek becek.

jalur via patak banteng, trek, terjal
Trek Terjal Gunung Prau Via Patak Banteng
Gunung Prau dalam sewaktu-waktu juga dapat terjadi cuaca ekstrim, angin kencang, maupun terlihat binatang buas. Maka bagi pendaki dihimbau untuk tidak lama-lama beristirahat selama perjalanan kecuali di area camping ground. Namun untuk menjaga keamanan pengunjung, setiap POS selalu dilewati oleh petugas keamanan yang sekaligus menjadi rescuer.

Tips Mendaki Gunung Prau Untuk Pemula
Ekpedisi mendaki gunung telah banyak digemari oleh para petualang dari seluruh jenjang umur. Namun banyak pemuda pemudi yang menghabiskan masa liburan melakukan pendakian gunung dengan tujuan melihat kecantikan ciptaan dan kaindahan alam. Gunung Prau ini juga sering dijadikan tempat latihan bagi pendaki pemula karena karakteristik dan jalur trek dengan tingkat kesulitan rendah. Beberapa tips mendaki gunung prau untuk pemula secara umum:

#1 Kenali Karekteristik Gunung
Pengenalan dengan tempat ekspedisi merupakan salah satu persiapan yang wajib di lakukan bagi pendaki atau traveler. Pelajarilah semua ciri khas dari lokasi tempat wisata mulai dari akses, biaya, fasilitas, tingkat keamanan, musim, spot tujuan ekspedisi dll. Untuk mengenal kamu dapat membaca dari sumber buku, website, blog, media sosial, grup (Whatshap, Facebook, Telegram, Line) yang menjelaskan pengalaman mereka mendaki dan rekomendasi lainnya. Salah satu wadah untuk mengenal tempat wisata ialah blog halolibur ini.

Adapun salah satu karakteristik Gunung Prau yang dimiliki oleh gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl dari permukaan laut ialah kondisi suhu yang dingin. Sebelum pendakian dimulai atau ketika berada di basecamp para pendaki sudah merasakan hawa sejuk. Semakin menuju puncak maka hawa juga semakin lebih dingin. Seperti contoh ketika merebus air saat berada di camping area maka dalam beberapa menit saja air yang mendidih dapat menjadi dingin seketika. Pada bulan tertentu kondisi suhu menjadi lebih dingin yaitu saat memasuki bulan juli, agustus, dan september.


#2 Perlengkapan Mendaki Gunung Prau yang Wajib untuk Pemula Ketahui
Perlengkapan yang perlu kita persiapkan secara garis besar terbagi menjadi 2 yaitu kebutuhan pribadi dan kelompok. 
Kebutuhan pribadi dan kelompok yang telah tim halolibur kumpulkan ialah:

Kebutuhan Pribadi : 1 set pakain pengganti, jaket gunung, masker/buff, payung/ponco, sarung tangan, syal, kaos kaki, kupluk, sepatu gunung, sendal gunung, obat pribadi, alat MCK, sediakan cokelat, tas gunung, sleeping bag, alat komunikasi, peluit pramuka, uang, dan kartu identitas, air

Kebutuhan Kelompok : tenda camping, matras, kompor lapangan dan alat masak, bahan makanan secukupnya, kamera dokumentasi, P3K

Beberapa pendaki yang masih pemula sering ditemukan mengalami kecelakaan. Kecelakaan yang sering menyerang para pendaki ialah hipotermia atau kedinginan, kaki terkilir, luka lecet, diare, maupun kelelahan. Jika kebutuhan diatas telah terpenuhi maka kamu sudah mempersiapkan jika kondisi buruk ini menimpa dirimu ketika ekspedisi.

#3 Stamina dan Kebugaran Fisik
Kegiatan outdoor seperti aktivitas mendaki gunung sangat menguras tenaga. Bagi kamu yang keseharian menghabiskan waktu dalam ruangan maka persiapkan dengan rutin berolah raga setiap hari minimal 30 menit perhari. Aktivitas olah raga ini berguna untuk melatih katahanan tubuh atau stamina dan juga sehat. Hindari ekspedisi bila kondisi tubuh dalam keadaan drop atau sakit karena akan membuat kondisi fisik kamu menjadi lebih parah lagi. Jangan biarkan gunung yang menaklukan dirimu.

#4 Penentuan Jalur Pendakian
Membuat sketsa sederhana tentang jalur pendakian sangat berguna. Selain perjalanan dapat hemat waktu yang efisien dan dapat juga memberikan tubuh untuk istirahat. Jalur pendakian Gunung Prau tidak hanya satu jalan namun ada beberapa jalur lain seperti Jalur Pranten dari Kab Batang, Jalur Kenjuran dari Kab Kendal dan Jalur Patak Banteng Kab Wonosobo.

#5 Waktu Pnedakian
Jarak dari basecamp sampai puncak via Patak Banteng pendaki dapat menghabiskan waktu sekitar 3 jam lebih. Maka waktu ideal bagi pendaki mulai perjalanan ialah sore sekitar jam 15.00 WIB. Karena dapat melihat sunset dari atas dan mendirikan tenda camping lebih cepat.

#6 Saling Menyapa Sesama Pendaki
Hubungan sosial bagi sesama pendaki harus dilakukan misalnya menyapa pendaki yang sedang muncak bareng atau hanya saling sapa sekedar basa basi. Pendaki pemula harus saling menjalin persahabatan sesama pendaki lain. Cara nya ialah sering-sering ikut muncak bareng dengan komunitas-komunitas yang sering buka open trip gratis. Maksud tim halolibur gratis ialah mendaki dengan biaya patungan sesama pendaki lain.

#7 Jadwal Pendakian Terbaik
17 agustus merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia dari penjajah pada masa lampau. Pada tanggal ini banyak komunitas melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih. Salah satu nya di Gunung Prau karena tiap tahun acara pengibaran bendera selalu dilaksanakan dan diikuti oleh semua pendaki. Maka tidak heran pada tahun ini beberapa komunitas dari grup media sosial tim halolibur menemukan banyak ajakan untuk melakukan pendakian bersama dan pengibaran bendera diatas puncak.

Jadwal terbaik lainnya saat mendaki pada peralihan bulan september ke januari. Pada hari-hari tersebut cuaca Gunung Prau sangat bersahabat sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan Sunrise yang luar biasa. Sunsrise pada bula tersebut memiliki bentuk matahari bulat sempurna, cahaya jingga yang indah menyelimuti awan, dan terhindar dari kabut, mendung atau cuaca buruk.

Selain kedua jadwal diatas pada weekend Gunung Prau juga sering dijadikan tempat pelampiasan refreashing setelah lelah bekerja, sekolah maupun kuliah. Pada jadwal tertentu kamu jangan kaget karena Gunung Prau dapat dipenuhi pengunjung dari berbagai penjuru sudut kota.
 
gunung sindoro, gunung sumbing, golden sunrise gunung prau
Gunung Cover Air Mineral AQUA
Pesona Dari Atas Gunung Prau
Kecantikan alam yang luar biasa dimiliki oleh negara ibu pertiwi ini. Ketahuilah bahwa salah satu cover dari produk air mineral AQUA, diambil dari atas Gunung Prau. Beberapa spot atau kegiatan yang ingin pendaki rasakan ketika berada di pucak.

#1 Keindahan Sunrise
Bangun pagi-pagi setelah shalat shubuh dengan secangkir kopi merupakan kondisi ideal untuk menikmati keindahan matahari terbit. Cahaya kuning telah menyambut pagi kita, tidak perlu jauh hanya dari area camping pengunjung dapat menikmati hangatnya matahari. Pada moment ini banyak pengunjung mangabadikan momen dengan berfoto ria, selfie maupun wefie.

golden sunsrise gunung perahu
Golden Sunrise Dari Gunung Prau
#2 Sunset
Dari atas gunung ini kita bisa melihat tenggelamnya matahari. Namun terbenamnya matahari bukanlah tujuan utama dari pendaki. Keindahan sunset gunung prau hanyalah sebagai bonus.

#3 Pemandangan Jajaran 5 Gunung (Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi dan Lawu)
Secara tidak langsung pemandangan dari jajaran gunung lain membuat kelelahan usaha mendaki terbayarkan. Cukup sayang apabila pada saat medaki bila cuaca buruk maka keindahan alam yang di nanti-nanti putus sudah. Foto dengan backround cover AQUA sangat keren bukan

#4 Camping
Katanya camping dapat membuat hubungan pertemanan, persahabatan, pacaran, perkawinan menjadi lebih erat. Dari sana kita bisa berkomunikasi lebih intens, saling tukar cerita maupun pengalaman. Tidak jarang dari sini pendaki menemukan jodoh karena saling perhatian dan tidak jarang juga terjadi perselingkuhan.
Aktivitas mendaki dan camping membuat teman menjadi sahabat, gebetan menjadi pacar, dan sahabat menjadi keluarga. Mendaki dengan harapan dapat menaklukan gunung menrupakan kegiatan melawan ego manusia. Dari sini kita belajar manajemen waktu yang baik dan kerja tim demi survive dialam liar.

Camping Area Gunung Prau
#5 Bukit Teletubies
Bagi anak 90an film teletubies memiliki bukit-bukit indah. Namun dari gunung prau pengunjung dapat juga melihat pemandangan bukit yang mirip seperti film teletubies. Padang rumput yang terlentang luasdapat memanjakan mata kamu. View bukit teletubies sangat bagus ketika pagi hari dengan diselimuti kabut-kabut tipis.

itulah beberapa tips mendaki gunung prau untuk pemula dan berbagai tujuan wisata yang ada diatas gunung prau. keep enjoy your holiday

2 Responses to "Tips Mendaki Gunung Prau Untuk Pemula Via Patak Banteng"

  1. wah gan, pengen banget nih ke gunung prau, cuma belum ada waktunya. Tips ini perlu di bookmark biar kalau ada kesempatan ke sana dah ada acuannya. :)

    ReplyDelete

kritik dan saran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel